%0 Thesis %9 Skripsi %A Zainuddin, NIM 13230048 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2019 %F digilib:38152 %I UIN Sunan Kalijaga %K M. Fajrul Munawir, M.Ag. %P 123 %T STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38152/ %X Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Melalui Situs Jual Beli Online Bukalapak.com” yang menjelaskan cara-cara yang dilakukan Bukalapak dalam memajukan usaha kecil menengah yang keberadaannya harus dilindungi dari persaingan-persaingan tidak sehat. Hal ini dikarenakan UKM merupakan sektor yang dianggap efektif dalam pengentasan kemiskinan karena jumlahnya terbesar di antara sektor usaha lainnya. Adapun model penelitian ini adalah deskriftif kualitatif yang dalam hal ini peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang mengulas beragam strategi Bukalapak dalam mengembangkan UKM di Indonesia. Data-data yang digunakan untuk menunjang kelengkapan penelitian ini adalah situs jual beli online Bukalapak.com, website Komunitas Bukalapak, buku referensi, pengelola Komunitas Bukalapak Yogyakarta, pelapak di berbagai daerah, dan beberapa media elektronik terpercaya. Dalam mengenalis data, penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu menganalisis dengan tiga alur secara bersamaan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil. Dalam konteks ini, peneliti menemukan dampak atau hasil dari pengembangan UKM yang dilakukan oleh Bukalapak melalui situs jual beli onlinenya yaitu memenuhi kebutuhan dasar, menjangkau sumber-sumber produktif, menumbuhkan usaha baru, meningkatkan ekonomi masyarakat, dan berpatisipasi dalam proses pembangunan secara nasional. Kata kunci : Strategi, Pengembangan UKM, Bukalapak %Z M. Fajrul Munawir, M.Ag.