eprintid: 3816 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/38/16 datestamp: 2012-09-06 13:48:27 lastmod: 2017-04-05 01:46:12 status_changed: 2012-05-04 16:45:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MOH IBNU ABDISSALAM NIM: 05420085, title: PERAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian tindakan Kelas)/ ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: pembelajaran bahasa Arab, metode Student Teams Achievment Divisions (STAD) note: Pembimbing: Prof Dr. H.Nizar Ali, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan konsep pada Kelas XI IPA MAN Pakem; (2) Mengetahui peran metode Metode Student Teams Achievment Divisions (STAD) dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Pakem Sleman berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data observasi siswa dan nilai pretest dan post-test siklus I dan II. Data aktivitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase kegiatan pembelajaran di kelas. Data hasil belajar diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II kemudian ditabulasikan dalam rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI IPA MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Dan pembelajaran dengan metode ini berperan dalam peningkatan prestasi belajar siswa dengan adanya nilai effect size antara rerata pre-test dan post-test siklus I adalah 6.19. dan effect size antara rerata pre-test dan post-test siklus II adalah 22.15. Sedangkan Peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 20.96 yang diperoleh dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II. date: 2010-02-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-19 15:36:04 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--mohibnuabd-3587-1-mohibnu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/72/digilib-uinsuka--mohibnuabd-3587-1-mohibnu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4005 ; nama file lama : MOH IBNU ABDISSALAM 05420085 PERAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN PA ; format file : application/pdf ; besar file : 1156854 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MOH IBNU ABDISSALAM NIM: 05420085, (2010) PERAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian tindakan Kelas)/. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3816/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3816/2/BAB%20II%2CIII.pdf