%A NIM 15210106 Jamali %O Dr.H. Akhmad Rifa’i, M.Phil %T SIKAP SISWA-SISWI MAN SE-KOTA YOGYAKARTA TERHADAP KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2019 DI MEDIA SOSIAL DITENGAH PENYEBARAN HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa-siswi MAN se-Kota Yogyakarta terhadap kampanye presiden 2019 di media sosial serta lembaga pendidikan dan pubic figure sebagai faktor yang mempengaruhi sikap. Penelitian ini menggunakan teori sikap dan SOR dengan metode deskriptif kuantitatif. Anget berupa 32 butir pertanyaan menjadi instrument pengumpulan data. Dengan jumlah 221 populasi menghasilkan sampel 143 responden melalui teknik slovin. Sikap siswa MAN se-Kota Yogyakarta terhadap kampanye pemilihan presiden 2019 di media sosial berada pada kategori sedang dengan presentase 84%. Sekolah menjadi faktor yang mempengaruhi sikap siswa MAN terhadap kampanye di media sosial. Sebanyak 30% siswa MAN se-Kota Yogyakarta memiliki idola dalam kampanye presiden 2019 sedangkan 70% lainnya menjawab tidak memiliki idola. 13% didominasi oleh kalangan ustadz, penyanyi dan presenter masing-masing 5%, tokoh politik 4% sedangkan komedian hanya 3%. Keyword: Sikap, Kampanye, Media Sosial %K Sikap, Kampanye, Media Sosial %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38166