%A NIM. 15830040 INAS RIFQA NABILA %O Drs. A. Yusuf Khoiruddin, S.E., M.Si %T PENGARUH KEPERCAYAAN, PROMOSI, CITRA LEMBAGA DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MENYALURKAN ZAKAT KEPADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Di Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta) %X Penelitian ini mencoba mengidentifikasi, ―Pengaruh Keperca aan, Promosi, Citra Lembaga Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Muzakki Menyalurkan Zakat Kepada Lembaga Amil Zakat Di Yogyakarta (Studi Kasus di Lembaga Amil akat Baitul Maal Hida atullah Yog akarta)‖. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, sumber data primer diperoleh dari hasil kuisioner skala likert. Untuk mengetahui kredibilitas lembaga penyalur zakat dilakukan dengan menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini, didapatkan bahwa secara simultan variabel kepercayaan, promosi, citra lembaga dan kelompok acuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki menyalurkan zakat di Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta. Sedangkan secara parsial, kepercayaan, promosi dan citra lembaga berpengaruh positif signifikan, sedangkan kelompok acuan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan Muzakki. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,355 atau 35,5%. Hasil menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti mampu mewakili sebesar 35,5% yang mempengaruhi keputusan muzakki menyalurkan zakat kepada Baitul Maal Hidayatullah, sedangkan sisanya sebesar 64,5% dijelaskan oleh faktor lain di luar model yang digunakan. Kata Kunci: Zakat, Baitul Maal Hidayatullah, Keputusan Muzakki %K Zakat, Baitul Maal Hidayatullah, Keputusan Muzakki %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38171