@phdthesis{digilib3819, month = {February}, title = {UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA-SISWI SD NEGERI UNGARAN I YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { MUHAIMINAH DARAJAT - NIM. 05410060 }, year = {2010}, note = {Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.}, keywords = { pembinaan akhlak, SDN Ungaran I Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di SDN Ungaran I Yogyakarta merupakan sekolahan favorit yang ada di Yogyakarta, berbagai sarana lengkap untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran ada di sana, akan tetapi dilihat dari sisi akhlak siswa-siswi, masih banyak yang perlu diperbaiki. Karena itu pembinaan akhlak menjadi sangat penting. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak, apa saja permasalahan yang muncul, dan bagaimana solusi dan rekomendasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan akhlak yang ada di SDN Ungaran I Yogyakarta, mengidentifikasi permasalahan dan memberi solusi serta rekomendasi yang bisa mendukung peningkatan akhlak di sana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDN Ungaran I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data diadakan dengan triangulasi dengan dua modus, yakni dengan sumber dan metode ganda. Hasil penelitian: (1) pelaksanaan pembinaan akhlak dilakukan dengan pembiasaan disiplin, tata krama, kepedulian sosial, dan pemberian cerita tokoh atau nabi. (2) masalah yang muncul adalah masih ada yang belum disiplin seperti tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan tentang tata krama, masih banyak yang keluar masuk kelas di tengah pelajaran tanpa izin. Tentang kepedulian social, masih terdapat siswa yang sayang untuk mengeluarkan uangnya untuk kepentingan infaq. Selain itu masih banyak siswa yang tidak mendengarkan cerita ketika guru menyampaikan cerita. (3) Menasehati sampai memberi punishment bagi yang tidak disiplin. Memberi tauladan yang baik bagi yang tata kramanya kurang baik. Bagi yang belum berinfaq, dirayu dan dimotivasi. Rekomendasinya adalah Menerapkan kedisiplinan untuk guru dan siswa dengan cara: (a) Perencanaan ini meliputi membuat aturan dan prosedur, dan untuk menentukan konsekuen untuk aturan yang dilanggar. (b) Mengajarkan pada siswa bagaimana mengikuti aturan. Hal ini harus dimulai sejak dini, agar dalam mengembangkan pola-pola disiplin yang efektif pada siswa dapat tercapai dengan baik. (c) Merespons secara tepat dan konstruktif ketika masalah timbul, sehingga masalah yang timbul akan dapat dikurangi dan terselesaikan dengan baik. } }