eprintid: 3819 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/38/19 datestamp: 2012-09-11 15:00:12 lastmod: 2012-09-11 15:02:17 status_changed: 2012-05-04 16:45:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAIMINAH DARAJAT - NIM. 05410060 , title: UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA-SISWI SD NEGERI UNGARAN I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: pembinaan akhlak, SDN Ungaran I Yogyakarta note: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di SDN Ungaran I Yogyakarta merupakan sekolahan favorit yang ada di Yogyakarta, berbagai sarana lengkap untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran ada di sana, akan tetapi dilihat dari sisi akhlak siswa-siswi, masih banyak yang perlu diperbaiki. Karena itu pembinaan akhlak menjadi sangat penting. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak, apa saja permasalahan yang muncul, dan bagaimana solusi dan rekomendasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan akhlak yang ada di SDN Ungaran I Yogyakarta, mengidentifikasi permasalahan dan memberi solusi serta rekomendasi yang bisa mendukung peningkatan akhlak di sana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDN Ungaran I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data diadakan dengan triangulasi dengan dua modus, yakni dengan sumber dan metode ganda. Hasil penelitian: (1) pelaksanaan pembinaan akhlak dilakukan dengan pembiasaan disiplin, tata krama, kepedulian sosial, dan pemberian cerita tokoh atau nabi. (2) masalah yang muncul adalah masih ada yang belum disiplin seperti tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan tentang tata krama, masih banyak yang keluar masuk kelas di tengah pelajaran tanpa izin. Tentang kepedulian social, masih terdapat siswa yang sayang untuk mengeluarkan uangnya untuk kepentingan infaq. Selain itu masih banyak siswa yang tidak mendengarkan cerita ketika guru menyampaikan cerita. (3) Menasehati sampai memberi punishment bagi yang tidak disiplin. Memberi tauladan yang baik bagi yang tata kramanya kurang baik. Bagi yang belum berinfaq, dirayu dan dimotivasi. Rekomendasinya adalah Menerapkan kedisiplinan untuk guru dan siswa dengan cara: (a) Perencanaan ini meliputi membuat aturan dan prosedur, dan untuk menentukan konsekuen untuk aturan yang dilanggar. (b) Mengajarkan pada siswa bagaimana mengikuti aturan. Hal ini harus dimulai sejak dini, agar dalam mengembangkan pola-pola disiplin yang efektif pada siswa dapat tercapai dengan baik. (c) Merespons secara tepat dan konstruktif ketika masalah timbul, sehingga masalah yang timbul akan dapat dikurangi dan terselesaikan dengan baik. date: 2010-02-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-19 15:56:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muhaiminah-3590-1-muhaimin-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/72/digilib-uinsuka--muhaiminah-3590-1-muhaimin-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4008 ; nama file lama : MUHAIMINAH DARAJAT 05410060 UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA-SISWI SD NEGERI UNGARAN I YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 888928 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MUHAIMINAH DARAJAT - NIM. 05410060 , (2010) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA-SISWI SD NEGERI UNGARAN I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/2/BAB%20II%2CIII.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3819/10/small.jpg