eprintid: 38244 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/82/44 datestamp: 2020-08-03 06:42:18 lastmod: 2020-08-03 06:42:31 status_changed: 2020-08-03 06:42:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noni Cahayani Azazmi, NIM 13140061 title: PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN SIRKULASI DI DPK KABUPATEN KULON PROGO DENGAN METODE LIBQUAL ispublished: pub subjects: sir_kul divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: Kualitas Layanan, Layanan Sirkulasi, Metode Libqual note: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan sirkulasi yang ada di DPK Kabupaten Kulon Progo dengan menggunakan metode LIBQUAL. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini di fokuskan pada anggota terdaftar di Kabupaten Kulon Progo, dengan jumlah populasi sebanyak 19.055 dan mendapatkan sampel sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampel. Teknik pengumpulan data primer pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket dan pengumpulan data sekunder menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan product moment dan cronbach alpha. Analisis data yang digunakan adalah rumus mean dan grand mean. Hasil perhitungan setiap subvariabel adalah subvariabel kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani pemustaka mendapat nilai 3.34 dengan kategori sangat baik, subvariabel fasilitas dan suasan ruang mendapat nilai 3.15 kategori baik, subvariabel petunjuk dan sarana akses mendapat nilai 3.15 kategori baik, subvariabel akses informasi mendapat nilai 3.15 kategori baik. Perhitungan nilai rata-rata subvariabel kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani, indikator yang mendapat nilai tertinggi yaitu pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan pemustaka dengan nilai 3.51 kategori baik, sedangkan nilai terendah diperoleh indikator kesediaan untuk membantu kesulitan pemustaka dan keramahan dalam melayani pemustaka dengan nilai yang sama yaitu 3.25 kategori baik. Perhitungan nilai rata-rata subvariabel fasilitas dan viii suasana ruang, indikator yang mendapat nilai tertinggi adalah kondisi fisik Gedung, peralatan, dan perlengkapan yang cukup memadai dan berfungsi baik dengan nilai 3.32 kategori sangat baik, sedangkan indikator yang mendapat nilai terendah adalah ketenangan ruang perpustakaan dengan nilai 3.03 kategori baik. Perhitungan nilai rata-rata subvariabel petunjuk dan sarana akses, indikator yang mendapat nilai tertinggi adalah penataan koleksi perpustakaan di layanan sirkulasi memudahkan saya dalam proses temu kembali informasi dengan nilai 3.33 kategori baik, sedangkan indikator dengan nilai terendah adalah kemudahan saya dalam melakukan penelusuran informasi di layanan sirkulasi dan kemampuan saya dalam menggunakan sarana di layanan sirkulasi dalam menelusur informasi mendapatkan nilai yang sama yaitu 3.03 kategori baik. Perhitungan nilai rata-rata subvariabel akses informasi, indikator yang mendapat nilai tertinggi adalah kemudahan akses untuk menemukan informasi yang relevan dan akurat melalui katalog di layanan sirkulasi dengan nilai 3.35 kategori sangat baik, sedangkan indikator dengan nilai terendah adalah ketersediaan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka mendapat nilai 2.95 kategori baik. Berdasarkan perhitungan grand mean, penafsiran 4 (empat) subvariabel mendapat nilai sebesar 3.20 dengan kategori baik. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Layanan Sirkulasi, Metode Libqual date: 2019-08-27 date_type: published pages: 158 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Noni Cahayani Azazmi, NIM 13140061 (2019) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN SIRKULASI DI DPK KABUPATEN KULON PROGO DENGAN METODE LIBQUAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38244/1/13140061_BAB-i_iv%20atau%20v_Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38244/2/13140061_BAB-ii_sebelum-bab-terakhir.pdf