%0 Thesis %9 Skripsi %A Azmi Maulidah, NIM 15710075 %B Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora %D 2019 %F digilib:38249 %I UIN Sunan Kalijaga %K Audio-visual, Deep Breathing, Konsentrasi. %P 130 %T PENGARUH PELATIHAN AUDIO-VISUAL DENGAN TEKNIK DEEP BREATHING TERHADAP KONSENTRASI SISWA KELAS 3 SD MUH. SUKONANDI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38249/ %X Setiap orang dapat mengelami kegagalan perhatian tidak peduli berapapun usianya. Setiap individu cenderung memiliki strategi untuk mengembalikan atau mengisi kembali fokus mereka pada tugas yang sedang mereka lakukan. Sementara bagi mereka yang belajar di kelas cenderung tidak dapat melakukan strategi untuk mengisi dan mendapatkan fokus mereka kembali karena hanya dapat duduk di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan audio-visual dengan teknik deep breathing terhadap konsentrasi. Penelitian ini menggunakan Eksperimen Quasy Experiment Pretest-posttest Control Group Design dengan subjek sebanyak 16 siswa dibagi dalam kelompo eksperimen berjumlah 9 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 7 siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur digit span dan ANT-C. Analisis data menggunakan analisis Mann-Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis diterima apabila menggunakan alat ukur digit span dan hipotesis ditolak apabila menggunakan alat ukur ANT. Hal tersebut ditunjukkan pada angka signifikan digit span sebesar p= 0,015 (p<0,05) dan pada ANT-C sebesar p= 0,314 (p>0,05). Kata Kunci : Audio-visual, Deep Breathing, Konsentrasi. %Z Very Julianto, S. Psi., M. Psi.