%0 Thesis %9 Skripsi %A DATU APRILIANA, NIM. 12420026 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:38256 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K madrasah diniyah, motivasi belajar Bahasa Arab, pembelajaran Bahasa Arab. %P 145 %T PERAN MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38256/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi tentang peran madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa. Subjek penelitian ini meliputi guru Bahasa Arab, siswa, dan kepala madrasah diniyah. jenis penelitian ini berupa penelitian studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan dianalisis dengan cara triangulasi serat reduksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi Bahasa Arab siswa MTs Ma’arif Bigaran Borobudur yaitu adanya pembiasaan penggunaan Bahasa Arab baik lisan maupun tulisan sebagai media penyampaian materi dalam kitab-kitab salafiyah. Peran madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi Bahasa Arab siswa MTs Ma’arif Bigaran Borobudur yaitu adanya pembiasaan penggunaan Bahasa Arab baik lisan maupun tulisan sebagai media penyampaian materi dalam kitab-kitab salafiyah.Faktor pendukung madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa MTs Ma’arif Bigaran Borobudur adalah materi muatan madrasah diniyah yang mendukung penggunaan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran madrasah diniyah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah penerjemahan Bahasa Arab ke bahasa Jawa yang membuat siswa harus menerjemahkan kembali ke bahasa Indonesia.. %Z Drs. Dudung Hamdun, M.Si