%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR GIYANTA - NIM. 02410986, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:3826 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K penanaman nilai-nilai akhlak, Rubrik Kisah-kisah Penuh Hikmah Majalah Anak Adzkia %T NILAI-NILAI AKHLAK DALAM RUBRIK KISAH-KISAH PENUH HIKMAH MAJALAH ANAK ADZKIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3826/ %X Anak usia Sekolah Dasar adalah usia sekolah yang mempunyai ciri perkembangan yaitu timbulnya minat belajar yang tinggi. Hal ini dapat dimanfaatkan orang tua/ pendidik untuk menanamkan akhlak baik yang merupakan sifat dasar manusia yang telah dibawa sejak lahir. Namun, karena pengaruh dari luar yang tidak mendidik menjadikan akhlak tadi yang bawaannya baik berubah menjadi akhlak buruk. Akibatnya terjadi krisis akhlak yang menimpa anak karena tidak dapat menyaring informasi-informasi dari luar. Orang tua hendaknya dapat dijadikan teladan dan memberikan pendidikan akhlak kepada anak dengan berbagai metode dan mengenalkan kepada anak kepada teladan yang utama yaitu Rasulullah dan para pendahulu yang shalih. Sehingga anak mempunyai pegangan yang kuat karena telah tertanam dalam jiwa akhlak yang baik. Permasalahan ini menjadikan penulis tertarik untuk mengadakan penelitian berkaitan dengan penanaman nilai-nilai akhlak kepada anak melalui cerita. Penelitian dalam skripsi adalah penetian pustaka atau library research dengan objek penelitian Rubrik Kisah-kisah Penuh Hikmah Majalah Anak Adzkia. Rubrik tersebut terdiri dari rubrik Kisah Nabiku/ Nabiku, Tokoh Teladan/ Tokoh, Kisah Teladan, dan Kisah Berhikmah yang di dalamnya terdapat materi cerita untuk kemudian diidentifikasi nilai-nilai akhlaknya dan dipetakan. Juga dibahas bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak melaui cerita dalam Rubrik Kisah-kisah Penuh Hikmah tersebut. Hasil penelitian yang didapatkan adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Rubrik Kisah-kisah Penuh Hikmah Majalah Anak Adzkia mengandung nilai-nilai akhlak baik yang lebih banyak dibandingkan dengan nilai-nilai akhlak buruk. Nilai-nilai akhlak buruk yang teridentifikasi dapat dipetakan ke dalam ruang lingkup akhlak yang meliputi : 1. Akhlak yang harus dilakukan kepada Allah; 2. Akhlak terhadap sesama yang didalamnya terdapat : a. Akhlak yang harus dilakukan terhadap Rasulullah, b. Akhlak terhadap orang tua dan saudara (keluarga), c. Akhlak terhadap diri sendiri, d. Akhlak terhadap guru, e, Akhlak yang harus dilakukan ketika ada tamu ; 3. Akhlak ketika bergaul masyarakat ; 4. Akhlak ketika menjadi pemimpin. Penanaman akhlak dalam rubrik Kisah-kisah Penuh Hikmah Majalah Anak Adzkia ini adalah melalui kisah dan sejarah Rasulullah saw., kisah Nabi Ibrahim as. dan Nabi Yunus as., Tokoh-tokoh Islam dan cerita keseharian Anak. Dengan cara membaca/mendengarkan cerita tersebut anak dapat mengambil nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam cerita dari tokoh-tokoh yang berkarakter baik dan menghindari tokoh-tokoh yang berkarakter buruk. %Z Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag.