eprintid: 3831 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/38/31 datestamp: 2012-09-03 14:09:39 lastmod: 2017-03-20 02:15:26 status_changed: 2012-05-04 16:45:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL HIDAYAH - NIM. 04471151, title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TRILOGI PUISI DOA MENCABUT KUTUKAN, TARIAN REMBULAN, DAN KENDURI CINTA KARYA EMHA AINUN NADJIB ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Islam, Trilogi Puisi Doa Mencabut Kutukan, Tarian Rembulan dan Kenduri Cinta note: Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag, abstract: Karya puisi-puisi Emha sebagai sastra profetik yang menyatukan unsur sosial dan sufistik. Oleh karena itu, membuat puisi bagi dirinya tidak sekedar membuat deretan huruf atau barisan kata-kata saja. Tetapi lebih dari itu, puisi juga dapat mengandung nilai pendidikan dan pesan atau nasehat yang dapat merangsang perubahan individu sampai ke kancah sosial. Sehubungan dengan latar belakang di atas, maka penulis berusaha menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam Trilogi Puisi Doa Mencabut Kutukan, Tarian Rembulan dan Kenduri Cinta yang bertujuan mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam puisi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan mengambil teks-teks puisi karya Emha Ainun Nadjib. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang ada, dengan pendekatan: sosiologi pendekatan ini menitik beratkan pada usaha pencarian hubungan antara pengarang dengan kehidupan bermasyarakat, psikologi yaitu pendekatan yang menitik beratkan terutama pada kejiwaan atau sikap pengarang terhadap lingkungan kehidupannya, didaktis yaitu pendekatan memahami gagasan dalam pandangan etis, filosofis, maupun agamis dan sikap pengarang terhadap kehidupan yang dianggap mengandung nilai pendidikan. Metode analisis data yang dipakai adalah: metode hermeneutik yaitu penafsiran ini terjadi karena setiap subyek memandang objek melalui paradigma yang berbeda-beda keragaman pandangan. Pada gilirannya menimbulkan kekayaan makna dalamke hidupan manusia, menambah kualitas estetika, etika, dan logika. Analisis isi yaitu dengan menjelaskan arti dan maksud dari dokumen yang diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Trilogi Puisi Doa Mencabut Kutukan, Tarian Rembulan, Kenduri Cinta mengandung nilai-nilai pendidikan Islam antara lain 1) Nilai pendidikan aqidah meliputi iman kepada Allah, rasul, hari kiamat, badah berisi tentang dzikir dan khusyuk dalam beribadah dan muamalah: etos kerja dan beramal saleh, 3) Nilai pendidikan akhlak meliputi: bertaubat, tawadhu' kepada-Nya, adil dan kasih sayang, amanah, berbakti kepada orang tua, qona'ah dan zuhud, serta rendah hati. date: 2010-02-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-22 10:49:46 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurulhiday-3601-1-nurulhi-b.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/73/digilib-uinsuka--nurulhiday-3601-1-nurulhi-b.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4018 ; nama file lama : NURUL HIDAYAH 04471151 NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TRILOGI PUISI DOA MENCABUT KUTUKAN, TARIAN REMBULAN, DAN KENDURI CINTA KARYA EMHA AINUN ; format file : application/pdf ; besar file : 629692 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NURUL HIDAYAH - NIM. 04471151, (2010) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TRILOGI PUISI DOA MENCABUT KUTUKAN, TARIAN REMBULAN, DAN KENDURI CINTA KARYA EMHA AINUN NADJIB. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3831/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3831/2/BAB%20II%2CIII.pdf