%A NIM. 15680033 Alfi Nur Handini %O Sulistyawati, S.Pd., M.Si., %T E-MODULE DISERTAI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module disertai game edukasi berbasis android pada materi virus sebagai media belajar mandiri peserta didik dan mengetahui kualitasnya. E-module disertai game edukasi ini merupakan penelitian Research and Develomoent (R&D) yang disusun mulai dari perancangan flowchart, penyusunan materi, pendesainan layout, desain video, dan terakhir desain produk dengan program gamming. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket penilaian oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru biologi, serta respons siswa dalam bentuk angket checklist. Produk dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menggunakan instrumen penelitian yang telah disediakan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas produk e-module disertai game edukasi secara keseluriuhan menunjukkan persentase penilaian sebesar 85.2% dengan kategori Sangat Baik dan respon siswa mendapat persentase keidealan sebesar 97.3%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas produk e-module disertai game edukasi pada materi virus ini mendapatkan kualifikasi baik dan layak digunakan sebagai media belajar mandiri siswa. %K E-module, Game Edukasi, Materi Virus. %D 0019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38325