eprintid: 38326 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/83/26 datestamp: 2020-09-02 06:11:19 lastmod: 2020-09-02 06:11:26 status_changed: 2020-09-02 06:11:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HUSNA ARIFATUN NAJWA, NIM. 15680028 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X MIPA SMA N 8 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Guided Inquiry, Hasil Belajar Aspek Kognitif, Hasil Belajar Aspek Afektif, Hasil Belajar Aspek Psikomotor, Tanggapan note: Runtut Prih Utami, M.Pd., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penggunaan model guided inquiry terhadap hasil belajar biologi materi pokok ekosistem pada aspek kognitif siswa kelas X MIPA SMA N 8 Yogyakarta 2) mengetahui pengaruh penggunaan model guided inquiry terhadap hasil belajar biologi materi pokok ekosistem pada aspek afektif siswa kelas X MIPA SMA N 8 Yogyakarta 3) mengetahui pengaruh penggunaan model guided inquiry terhadap hasil belajar biologi materi pokok ekosistem pada aspek psikomotor siswa kelas X MIPA SMA N 8 Yogyakarta 4) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model guided inquiry pada pembelajaran materi pokok ekosistem di kelas X MIPA SMA N 8 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa aspek kognitif menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data hasil belajar aspek afektif dan psikomotorr menggunakan non tes, dengan instrumen berupa lembar angket hasil belajar siswa aspek afektif dan lembar observasi hasil belajar siswa aspek psikomotor. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk data hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa serta analisis deskriptif untuk tanggapan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000>0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000>0,05; 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotor, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000>0,05; 4) penerapan model pembelajaran guided inquiry mendapatkan tanggapan yang baik dari siswa dibuktikan dengan rata-rata skor presentase sebesar 75,24%. date: 0019-09-10 date_type: published pages: 284 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HUSNA ARIFATUN NAJWA, NIM. 15680028 (0019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X MIPA SMA N 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38326/1/15680028_BAB-I_ATAU%20V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38326/2/15680028_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf