%0 Thesis %9 Skripsi %A Yayas Ayu Safitri, NIM. 15680017 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 0019 %F digilib:38328 %I UIN Sunan Kalijaga %K TSTS (Two Stay Two Stray), Motivasi belajar, Hasil belajar %P 219 %T PENGARUH MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE TSTS (Two Stay Two Stray) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA N 1 SEWON %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38328/ %X Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) mengetahui pengaruh model cooperatif learning tipe TSTS (two stay two stray) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Sewon pada materi pokok jaringan hewan. 2) mengetahui pengaruh model cooperatif learning tipe TSTS (two stay two stray) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Sewon pada materi pokok jaringan hewan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent kontrol grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Sewon. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi menggunakan angket motivasi belajar siswa dan hasil belajar diukur menggunakan soal pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney (U-test) untuk data motivasi belajar siswa dan data hasil belajar siswa pada. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) terdapat pengaruh model cooperatif learning tipe TSTS (two stay two stray) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Sewon, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney menujukan nilai Sig.(2 tailed) 0,032 >0,05. 2) terdapat pengaruh model cooperatif learning tipe TSTS (two stay two stray) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Sewon , hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney yang menunjukan nilai Sig.(2 Tailed) 0,000 >0,05. %Z Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd.,