%0 Thesis %9 Skripsi %A Kamalia Adhiastri, NIM. 15680015 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 0019 %F digilib:38330 %I UIN Sunan Kalijaga %K metode mind mapping, motivasi belajar, hasil belajar %P 214 %T PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 BANGUNTAPAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38330/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi pokok Sistem Gerak di SMA N 1 Banguntapan 2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi pokok Sistem Gerak di SMA N 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Experimental dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas, yaitu XI MIPA 1 – XI MIPA 4. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling simple random sampling dengan hasil kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode mind mapping. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data motivasi berupa lembar angket dan hasil belajar siswa berupa lembar tes soal yaitu, lembar pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney untuk data motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000<0,05; 2) terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000<0,05. %Z Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.,