TY - THES N1 - Dr.Adib Sofia, S.S., M.Hum. ID - digilib38336 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38336/ A1 - NUR HASANAH, NIM. 16540042 Y1 - 2019/12/16/ N2 - ABSTRAK Perkembangan era postmoderan yang semakin canggih teknologinya dan serba instan, memberikan pengaruh terhadap masyarakat, tak terkecuali santri. Munculnya iklan-iklan e-commerce pada smartphone mendorong santri dalam perilaku konsumtif. Pondok pesantren terkenal dengan mengedepankan nilai-nilai keagamaannya dan hidup agamis, salah satunya dengan hidup dalam kesederhanaan. Pesantren diharapkan mampu menuntun santrinya dalam menghadapi perubahan zaman namun, kurang mampu menghadapi gaya hidup konsumtif. Dengan latar belakang tersebut peneliti tertari untuk meneliti perubahan gaya hidup konsumtif santri terhadap iklan-iklan e-commerce pada smartphone. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses perubahan gaya hidup santri Pesantren Nurul Ummahat terhadap pengaruh iklan-iklan e-commerce, dan untuk mengetahui bentuk-bentuk gaya hidup yang terjadi pada santri Pesantren Nurul Ummahat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan berjenis kualitatif. Adapun pengumpulan data yang peneliti lakukan yakni dengan melalui langkah-langkah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah santri Pondok Pesantren Putri Nurul Ummahat Kotagede. Adapun sumber data sekundernya antara lain buku, jurnal, dokumen, dan sebagainya yang berkaitan dengan tema dalam penelitian ini, yakni perubahan perilaku konsumtif santri terhadap iklan-iklan e-commerce pada smartphone. Sementara itu, untuk menganalisisnya digunakan teori masyarakat konsumtif Jean Baudrillard, yakni seseorang mengonsumsi tidak hanya disebabkan oleh nilai guna dan nilai tukar, namun terdapat nilai tanda dan nilai simbol. Dari penelitian ini ditemukan munculnya iklan e-commerce sangat berdampak bagi santri dalam meningkatnya aktivitas konsumsi santri. selain itu juga berdampak pada nilai kehidupan santri, bergesernya pola hidup santri dari kesederhanaan menjadi konsumtif, serta tujuan santri dalam mengonsumsi barang tidak dari kebutuhan saja, namun dari keinginan dan tanda yang ia beli, serta untuk mengikuti trend yang ada. Hal tersebut berkaitan pula dengan faktor-faktor yang mendukung santri dalam berperilaku konsumtif seperti lingkungan yakni teman sepermaian. Bentuk-bentuk perubahan tersebut yakni, mudah tergiur oleh iklan-iklan e-commerce, sering mengonsumsi barang dari iklan e-commerce, mengikuti trend. Pengendalian perilaku konsumtif pada santri pondok pesantren putrit Nurul Ummahat yakni dari diri sendiri keluarga serta pondok pesantren untuk lebih menekankan nilai-nilai seorang santri yakni kesederhanaan. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Iklan e-commerce KW - gaya hidup konsumtif KW - santri pondok pesantren Nurul Ummahat. M1 - skripsi TI - PERUBAHAN GAYA HIDUP KONSUMTIF SANTRI TERHADAP IKLANIKLAN E-COMMERCE PADA SMARTPHONE (Aplikasi Teori Baudrillard Santri Pondok Pesantren Putri Nurul Ummahat Kotagede, Yogyakarta) AV - restricted EP - 111 ER -