@phdthesis{digilib3835, month = {February}, title = {PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PENGAMALAN KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII MTsN BANTUL KOTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { NURUL MAISYAROH - NIM. 05410187}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Sukiman, S.Ag, M.Pd.}, keywords = {keaktifan siswa, kegiatan keagamaan, pengamalan keagamaan siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3835/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya dengan banyak dan rutinnya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah, akan terwujud pengamalan keagamaan yang baik. Namun, kenyataannya ada siswa yang aktif mengikuti kegiatan keagamaan, tetapi pengamalan keagamaannya kurang baik. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian keaktifan mengikuti kegiatan keagamaan terhadap pengamalan keagamaan. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan, bagaimana pengamalan keagamaan siswa, dan bagaimana pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan terhadap pengamalan keagamaan siswa kelas VIII MTsN Bantul Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan keagamaan terhadap pengamalan keagamaan siswa MTsN Bantul Kota. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 54 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 13.0 for windows. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan 30 butir soal terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,891 dan dinyatakan reliabel. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan berada pada kategori sedang/cukup. (2) Tingkat pengamalan keagamaan siswa kelas VIII MTsN Bantul Kota berada pada kategori sedang/cukup. (3) Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan mengikuti kegiatan keagamaan dengan pengamalan keagamaan siswa yang ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,668. (4) Terdapat pengaruh yang positif antara keaktifan mengikuti kegiatan keagaman terhadap pengamalan keagamaan siswa MTsN Bantul Kota. } }