%A NIM. 15690037 Pinandita Afriwardani %O Dr. Winarti, M,Pd.Si. %T PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan buku ajar fisika berbasis metakognisi pada materi dinamika partikel, 2) mengetahui kualitas buku ajar fisika berbasis metakognisi pada materi dinamika partikel, 3) mengetahui respon peserta didik dan pendidik serta keterlaksanaan buku ajar fisika berbasis metakognisi pada materi dinamika partikel. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan mengadaptasi prosedur pengembangan perangkat model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I Semmel pada tahun 1974, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop pada uji coba luas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar angket respon, dan lembar uji keterlaksanaan. Penilaian kualitas buku ajar fisika berbasis metakognisi menggunakan skala likert dengan skala 4 dan penilaian respon menggunakan skala guttman, keduanya dibuat dalam bentuk checklist. Adapun keterlaksanaan buku ajar fisika menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini antara lain 1) telah dihasilkan buku ajar fisika berbasis metakognisi pada materi dinamika partikel, 2) kualitas buku ajar fisika berbasis metakognisi pada materi dinamika partikel berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan pendidik fisika memiliki kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor berturut-turut 3,71; 3,77; dan 3,32, 3) respon peserta didik dan pendidik pada uji terbatas menunjukkan kategori setuju (S) dengan rerata skor 0,98 dan 1; dan respon peserta didik dan pendidik pada uji luas menunjukkan kategori setuju (S) dengan rerata skor 0,94 dan 1. Hasil uji keterlaksanaan berdasarkan pengamatan observer menunjukkan bahwa buku ajar fisika berbasis metakognisi secara keseluruhan mampu melatih peserta didik mengasah kemampuan berpikirnya sendiri. Akan tetapi, pada tahap mengidentifikasi apa yang diketahui dan yang belum diketahui beberapa peserta didik masih belum percaya diri untuk mengisikan jawaban dengan apa adanya sesuai pengetahuan awalnya. Selain itu, kegiatan dalam buku ajar fisika dapat berjalan dengan baik. %K Buku ajar, Dinamika partikel, dan Metakognisi %D 0019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38350