%A NIM.: 15690043 Layya Rifqoh %O Pembimbing: Ika Kartika, M.Pd.Si. %T PENGEMBANGAN MODUL IPA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VIII DI MTS LB/A YAKETUNIS %X Penelitian ini bertujuan, 1) mendesain modul IPA terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan huruf braille, 2) mengetahui kualitas modul IPA terintegrasi nilainilai keislaman dengan huruf Braille yang telah dikembangkan, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPA terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan huruf braille telah dikembangkan Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model prosedural. Proses penelitian ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Penelitian ini dilakukan samapi tahap Develop pada langkah Developmental testing. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini adalah nontes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian kualitas modul IPA Braille, lembar respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan. Data kualitatif dianalisis dengan cara mengubah menjadi data kuantitatif dan mencari rerata skor. Penilaian kualitas modul IPA Braille menggunakan skala Likert dalam bentuk cheklist dengan 4 skala, lembar respon peserta didika menggunakan skala Guttman yang disajikan dalam bentuk chekclist untuk peserta didik, dan keterlaksanaan modul IPA Braille menggunakan lembar observasi bentuk deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan modul IPA braille terintegrasi nilai-nilai keislaman sebagai sumber belajar mandiri peserta didik tunanetra kelas VIII di MTs LB/A Yaketunis (2) kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli integrasi interkoneksi dan guru IPA memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor berturut-turut 3,7; 3,58; 3,47. Penilaian oleh ahli media memperoleh rerata skor 2,94 dengan kategori baik (B), (3) respon peserta didik pada uji coba terbatas menghasilkan perolehan sebesar 1.0, sedangkan respon peserta didik pada uji coba luas menghasilkan perolehan rerata skor sebesar 0,98 sehingga memenuhi kategori setuju (S) terhadap penggunaan modul IPA. Hasil uji keterlaksanaan dari modul akhir oleh observer, bahwa peserta didik dapat memahami materi sistem gerak pada makhluk hidup dan benda dengan modul terintegrasi nilai-nilai keislaman sebagai sumber belajar mandiri. %K Modul IPA Braille; Integrasi IPA dengan nilai-nilai keislaman; Sumber belajar %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38351