%0 Thesis %9 Skripsi %A Atika Zulfi, NIM.: 15690051 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2019 %F digilib:38355 %I UIN Sunan Kalijaga %K Modul Bergambar, Pendekatan PBL, Fluida Statis. %P 243 %T PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERGAMBAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN PBL PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ‘ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MAWI) DI KEBUMEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38355/ %X Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan modul bahan ajar fisika bergambar menggunakan pendekatan PBL pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di Madrasah ‘Aliyah Wathoniyah Islamiyah. 2) Mengetahui kualitas modul bahan ajar fisika bergambar menggunakan penekatan PBL pada matei fluida statis untuk peserta didik kelas XI di Madrasah ‘Aliyah Wathoniyah Islamiyah. 3) Mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan produk berupa modul fisika bergambar menggunakan pendekatan PBL pada materi fluida statis yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model prosedural. Prosedur penelitiannya adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, develope, and disseminate yang dikembangkan oleh Thiagarajan, semmel, dan semmel. Prosedur dalam penelitian pengembangan ini dibatasi sampai langkah develope yang dibatasi sampai pada tahap uji coba luas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan. Penilaian kualitas modul menggunakan skala Likert dengan skala empat dan respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist, sedangkan keterlaksanaan menggunakan lembar observasi berupa uraian deskriptif. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa modul fisika bergambar menggunakan pendekatan PBL pada materi fluida statis. Kualitas modul yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika adalah sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 3,6; 3,8; 3,8. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapatkan kategori setuju (S) dengan rata-rata skor 0,9 dan 0,8. Hasil observasi keterlaksanaan dinyatakan bahwa peserta didik tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Tetapi, pada uji pemahaman gambar, terdapat 2 dari 25 peserta didik menanyakan maksud ari gambar yang terdapat pada modul. %Z Pembimbing: Drs. Nur Untoro, M.Si