%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Kholifah, NIM. 15690053 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 0019 %F digilib:38357 %I UIN Sunan Kalijaga %K Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Cahaya %P 271 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLIRONG POKOK BAHASAN CAHAYA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38357/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Klirong pokok bahasan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas berupa model pembelajaran inkuiri terbimbing dan variabel terikat berupa pemahaman konsep siswa. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 1 Klirong tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol dan VIII.8 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen pada penilaian ini adalah lembar soal pretest-posttest pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan statistik parametris yaitu uji t, uji normalized gain (N-Gain) dan uji Effect Size. Efektivitas model pembelajaran ditunjukkan dengan dua kriteria yaitu (1) sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa lulus nilai KKM yaitu dengan KKM 75 (2) secara statistik hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dan pemahaman setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan cahaya sesuai dengan kriteria (1) jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM yaitu 80% atau 24 siswa dari total 30 siswa (2) taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dan pemahaman setelah pembelajaran (Ha diterima dan Ho ditolak), dan mampu meningkatkan pemahaman konsep dengan nilai N-gain untuk kelas eksperimen yaitu 0,585 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,371 dengan kategori sedang. Effect size yaitu 1,057 pada kategori tinggi. %Z Dr. Murtono, M. Si.,