@phdthesis{digilib3836, month = {February}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIFT THE FLAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS (FISIKA) BAGI SISWA SD}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SISWANTI - NIM. 02461378}, year = {2010}, note = {Pembimbing : Warsono, M. Si.}, keywords = {media lift the flap, prestasi belajar sains (fisika)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3836/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : 1. mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media lift the flap dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dan buku paket dalam proses belajar sains (fisika) pada pokok bahasan sumber energi dan kegunaannya dikelas II SD muhammadiyah Pepe Bantul. 2. mengetahui prestasi belajar mana yang lebih tinggi antara yang diajar menggunakan media lift the flap dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dan buku paket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah Pepe Bantul tahun pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian ini semua siswa kelas II yang terdiri dari 2 kelas. Kelas IIA sebagai kelas kontrol daan kelas IIB sebagai kelas eksperimen. teknik pengambilan samplingnya dalam penelitian ini adalah purposive sample yaitu pertimbangan dengan tujuan tertentu. Pengambilan data dengan metode tes yaitu pre test dan post test. Instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak diukur. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji beda (test t), uji pra syarat menggunakan 1. uji normalitas diperoleh hasil bahwa berdistribusi normal, 2. uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu 1. Ada perbedaan prestasi belajar sains (fisika) yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media lift the flap dengan siswa yang diajar dengan metode ceramah dan buku paket. Hasil penelitian diperoleh t0 = 3,322 sedangkan dalam tabel untuk t(0.975) (20) = 2,09 t(0,95) (20) = 1,72 dari konsultasi tersebut didapat t(1- 0,5 ) (db) t0 t(1-0,5 ) db = -2,09 3,322 2,09. 2. Prestasi belajar sains (fisika) siswa yang diajar menggunakan media lift the flap lebih tinggi daripada prestasi belajar sains (fisika) siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dan buku paket dengan hasil penelitian t0 t(1- )db = 3,322 1,72 dan t0 -t(1-)db = 3, 322 -1,72. } }