@phdthesis{digilib38380, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP INSTITUT INDONESIA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM.: 20104090062 Iga Mawarni}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, S.Pd., M.S.I.}, keywords = {leadership, transformative leadership, quality of education}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38380/}, abstract = {Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Pendidikan yang berkualitas akan membentuk generasi yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan. Di SMP Institut Indonesia Yogyakarta, mutu pendidikan masih belum optimal akibat berbagai kendala seperti sarana prasarana yang belum memadai yang diakibatkan oleh masalah ekonomi, masalah ekonomi juga mempengaruhi kemampuan siswa untuk memenuhi kebutuhan belajar, dan kurangnya keterampilan teknologi di kalangan guru. Masalah ini diperburuk oleh rendahnya kompensasi finansial bagi pendidik yang berdampak pada motivasi dan kinerja mereka. Meskipun demikian SMP Institut Indonesia Yogyakarta berhasil meraih prestasi di bidang non-akademik, khususnya dibidang olahraga. Sebagai pemimpin di lembaga pendidikan, kepala sekolah mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Institut Indonesia Yogyakarta dan strategi kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Institut Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini merupaka jenis penelitan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data, penyajian data,serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informan dalam penelitian ini ada 5 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, dan 4 tenaga pendidik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Implementasi kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Institut Indonesia Yogyakarta diantaranya : a) Pemimpin yang Bijaksana b) Menjadi tauladan bagi para bawahannya c) Perhatian \& Memotivasi para bawahannya d) Pemimpin yang Disiplin, dimana karateristik tersebut selaras dengan tipe gaya kepemimpinan transformatif. 2) Setrategi kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dimana terdapat beberapa kendala dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Institut Indonesia Yogyakarta dari a) Ketidakharmonisan keluarga siswa b) Ekonomi siswa c) Gaji guru yang tidak sesuai. Kemudian strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Institut Indonesia Yogyakarta adalah a) Peningkatan Profesionalisme guru b) Melakukan supervisi atau pengawasan terhadap pembelajaran yang dilakukan pendidik di kelas c) Memberikan motivasi dan bimbingan kepada guru d) Memberi jam tambahan pembelajaran bagi siswa.} }