TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd ID - digilib3839 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3839/ A1 - PRAMU MARJIATUN - NIM. 07480003-E, Y1 - 2010/02/22/ N2 - Latar belakang prestasi anak dalam pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang memuaskan, terbukti dengan adanya nilai ulangan yang di bawah standar. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang cara meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode pemberian tugas pada pelajaran Bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemberian tugas itu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Bego. 2) Kendala apa sajakah yang dihadapi dalam menerapkan metode pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pemberian tugas di kelas IV MI Bego. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bego tahun ajaran 2008/2009 semester II sebanyak 26 siswa, terdiri dari 9 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Ini diharapkan agar dapat melihat betapa beragamnya kemampuan masing-masing siswa yang heterogen dilihat dari segi latar belakang siswa, minat siswa, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dokumentasi dan tes. Analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena tugas yang diberikan bervariasi agar siswa tidak jenuh dan tertarik dengan tugas tersebut. 2) siswa terbiasa mengerjakan tugas yang diberikan, baik di sekolah maupun di rumah. 3) siswa antusias, aktif dalam pembelajaran dan setiap siswa yang aktif bertanya . Prestasi belajar siswa pada aspek kognitif setelah menggunakan metode pemberian tugas mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 63,5 dan siklus II sebesar 75,6 sehingga peningkatannya sebesar 3,1% serta banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus I dan siklus II sebesar 76,9%. 4) kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode pemberian tugas terjadi pada perbedaan persepsi di antara siswa, siswa merasa terbebani dengan adanya tugas yang diberikan, siswa belum terbiasa dengan metode pemberian tugas, dan siswa kurang disiplin dalam mengerjakan tugas. Namun, secara umum pembelajaran dengan metode pemberian tugas berjalan dengan lancar. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - peningkatan prestasi belajar siswa KW - pelaksanaan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia M1 - skripsi TI - MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI BEGO AV - restricted ER -