eprintid: 38395 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/83/95 datestamp: 2020-09-10 06:41:46 lastmod: 2020-09-10 06:41:53 status_changed: 2020-09-10 06:41:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maulida Lu’luur Rohmah, NIM. 15600044 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Aptitude Treatment Interaction (ATI), Role Playing, Pemahaman Konsep, Motvasi Belajar. note: Suparni, M.Pd abstract: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan lain dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran ATI dengan metode role playing dan variabel terikat pada penelitian adalah pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII H dan VIII J. Intrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale motivasi belajar matematika siswa, dan RPP. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji parametrik uji-t untuk pemahaman konsep dan uji non-parametrik Mann Whitney untuk Motivasi belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan melalui software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa date: 0019-11-28 date_type: published pages: 272 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Maulida Lu’luur Rohmah, NIM. 15600044 (0019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38395/1/15600044_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38395/2/15600044_BAB%20II_S.D_BAB%20IV.pdf