@phdthesis{digilib38408, month = {November}, title = {ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK TOKO RETAIL MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (Studi Kasus Minimarket Kopma UIN Sunan Kalijaga)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 15660047 A. M. Adhitya A. Walenna}, year = {2019}, note = {Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T., D.Eng.}, keywords = {data mining; Market Basket Analysis; Activity Relationship Chart}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38408/}, abstract = {Kopma UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu toko retail di lingkungan UIN Sunan Kalijaga dimana dalam satu hari bisa melakukan ratusan transaksi. Namun data transaksi ini tidak diolah menjadi pengetahuan yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Salah satu pengetahuan yang dapat diperoleh dari data-data tersebut adalah pola pembelian pelanggan yang nantinya digunakan untuk menyusun ulang tata letak produk. Kebijakan tata letak yang saat ini diterapkan oleh perusahaan hanya berdasar pada jenis produk sehingga belum mempertimbangkan pola pembelian. Dengan menerapkan tata letak yang berbasis pada pola pembelian pelanggan maka diharapkan akan timbul impulse buying. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan menggunakan metode MBA untuk mengetahui pola pembelian yang kemudian dilanjutkan pada pembuatan ARC untuk menyusun tata letak alternatif. Dari hasil pengolahan data MBA dan ARC, tiga layout diusulkan sebagai alternatif perbaikan. Ketiga layout dinilai oleh stakeholder dan pakar untuk dipilih yang terbaik. Layout dengan nilai tertinggi dijadikan rekomendasi layout yaitu layout 3. Pada layout terpilih dapat dilihat bahwa beberapa produk harus diubah dari posisi sebelumnya.} }