eprintid: 3842 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/38/42 datestamp: 2012-09-03 15:41:44 lastmod: 2017-04-05 03:06:31 status_changed: 2012-05-04 16:45:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RITA HARYATI - NIM. 05420047, title: PELAKSANAAN PROGRAM ARABIC MORNING DI MADRASH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: program Arabic Morning, pengajaran bahasa Arab note: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya anggapan siswa MI Wahid Hasyim bahwa pelajaran bahasa Arab merupakan pelajaran yang membosankan, sehingga dibentuk program Arabic Morning sebagai penunjang mata pelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk meneliti bagaimana pelaksanaan program tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Arabic Morning dan untuk pengetahui faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemikiran bagi perkembangan dan peningkatan mutu pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan latar MI Wahid Hasyim. Yang menjadi subyek penelitian adalah seluruh siswa MI Wahid Hasyim dan guru pengampu program Arabic Morning . Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mendapatkan data tentang gambaran umum sekolah dan proses pelaksanaan program Arabic Morning , wawancara kepada guru pengampu dan siswa, serta dokumentasi untuk mendapatkan data tentang gambaran umum sekolah dan lain-lain. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data secara deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, trianggulasi, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pelaksanaan program Arabic Morning di MI Wahid Hasyim adalah untuk menumbuhkan semangat siswa dalam berbahasa Arab. Materi yang diajarkan yaitu kosakata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunkana adalah metode bernyanyi yang merupakan salah satu dari metode langsung. Sedangkan medianya berupa media cetak dan elektronik. Penilaian dilakukan melalui harian, mingguan dan tahunan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program Arabic Morning adalah 1) Adanya fasilitas asrama, dimana siswa dilatih untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab oleh pembinanya. 2) Penggunaan metode yang tepat, sesuai dengan kebutuhan siswa. 3) Adanya muhadloroh dan wisata bahasa, sebagai tempat dimana siswa mempraktekkan materi yang telah diajarkan. 4) Kedisiplinan guru pengampu, yang tegas dan bertanggungjawab. Sedangkan Faktor penghambat dalam pelaksanaan program Arabic Morning adalah 1) Kurangnya alokasi waktu, karena hanya 15 menit. 2) kurangnya pemanfaatan media yang tersedia, padahal sudah disediakan. 3) Jumlah siswa terlalu banyak, mulai kelas IVI digabung.Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa pelaksanaa program Arabic Morning sudah cukup baik, karena dapat memberikan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab, hal ini dapat terlihat dari antusias katika mengikuti kegiatan. Secara tidak langsung, perbendaharaan kata siswa meningkat. date: 2010-02-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-22 14:03:39 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ritaharyat-3612-1-ritahar-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/73/digilib-uinsuka--ritaharyat-3612-1-ritahar-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4027 ; nama file lama : RITA HARYATI 05420047 PELAKSANAAN PROGRAM ARABIC MORNING DI MADRASH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1179032 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RITA HARYATI - NIM. 05420047, (2010) PELAKSANAAN PROGRAM ARABIC MORNING DI MADRASH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3842/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3842/2/BAB%20II%2CIII.pdf