%0 Thesis
%9 Skripsi
%A DUWI ASTUTI, NIM: 14490038
%B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
%D 2019
%F digilib:38434
%I UIN Sunan Kalijaga
%K efektivitas kerja, manajemen, manajemen kearsipan.
%P 181
%T PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS  KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA  KABUPATEN SLEMAN
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38434/
%X ABSTRAK  Duwi Astuti, Pengaruh Manajemen Kearsipan Terhadap Efektivitas Kerja  Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Skripsi, Yogyakrta:  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga  Yogyakarta, 2019.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas kerja  pegawai, tingkat manajemen kearsipan dan pengaruh manajemen kearsipan  terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Sleman.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan manajemen  kearsipan sebagai variabel independen dan efektivitas kerja sebagai variabel  dependen. Responden dalam penelitian ini berjumlah 96 pegawai di Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Sleman yang bekerja dalam bidang kearsipan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas kerja pegawai di  kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman dari 96 pegawai yang menjadi  responden rata-rata memiliki tingkat efektivitas kerja yang rendah dengan rasio  perbandingan 79,2% banding 20,8% pegawai yang memiliki tingkat efektivitas  kerja tinggi. Artinya, mayoritas pegawai belum memenuhi indikator efektivitas  kerja yang terdiri dari kuantitas kerja, kualitas kerja, pemanfaatan waktu,  peningkatan kualitas SDM, adaptasi, prestasi kerja dan kepuasan kerja.  (2)Mayoritas pegawai di kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman  menyatakan bahwa manajemen kearsipan yang diterapkan berjalan dengan baik  sebesar 54,2%. Artinya, pegawai di kantor Kementerian Agama Kabupaten  Sleman didominasi oleh pegawai yang mampu mengelola arsip dengan baik mulai  dari tahap pencatatan, penerimaan, pengorganisasian, distribusi, penggunaan,  penyimpanan, pemeliharaan hingga pemusnahan arsip, sehingga pekerjaan akan  berjalan efektif. (3) Pengaruh manajemen kearsipan terhadap efektivitas kerja  pegawai, hasil analisis uji regresi menunjukkan manajemen kearsipan  berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai dengan dibuktikan besarnya nilai  signifikansi 0,000 < 0,05 dengan besarnya nilai korelasi product moment sebesar r  hitung 0,495 > r tabel 0,202 pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan besarnya  pengaruh variabel manajemen kearsipan terhadap tinggi rendahnya tingkat  efektivitas kerja pegawai dibuktikan dengan nilai R square sebesar 0,245 yang  artinya kontribusi manajemen kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai  sebesar 24,5% sedangkan sisanya 73,5% efektivitas kerja dipengaruhi oleh  variabel lain. Artinya, peningkatan efektivitas kerja pegawai dapat diupayakan  melalui pengelolaan manajemen kearsipan yang baik.
%Z Dr. Ichsan, M.Pd