%A NIM. 13420002 Siti Nur Fitri Hidayah %O Dr. H. Maksudin M.Ag %T HUBUNGAN TAHFIZ AL-QUR'AN DENGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB RESEPTIF SISWA KELAS X MIPA 3 MAN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tahfiz al-Qur'an dengan kemampuan berbahasa Arab reseptif siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Sleman. Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam peningkatan pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Sleman yang berjumlah 197 siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 29 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Pengkajian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis korelasi antara tahfiz al-Qur'an dengan kemampuan berbahasa Arab reseptif menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata siswa pada variabel tahfiz al-Qur'an adalah 53,93 sedangkan besarnya nilai rata-rata siswa pada variabel kemampuan berbahasa Arab reseptif adalah 68,10. Hal ini berarti bahwa nilai rata-rata kemampuan berbahasa Arab reseptif siswa lebih besar dari nilai rata-rata tahfiz al-Qur'an. Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien tahfiz al-Qur'an terhadap kemampuan berbahasa arab reseptif yaitu 0,741 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Artinya, ada hubungan antara tahfiz al-Qur'an dengan kemampuan berbasa Arab reseptif siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Sleman tahun ajaran 2018/2019. %K Tahfiz Al-QUR'AN, KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB, Reseptif %D 2019 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib38437