TY - THES N1 - Dr. Zainal Arifin, M.S.I, ID - digilib38438 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38438/ A1 - ZAKIATUS SYARIFAH, NIM: 16490024 Y1 - 2019/12/03/ N2 - ABSTRAK Zakiatus Syarifah, Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Adiwiyata di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini memiliki latar belakang kepemimpinan perempuan di wilayah publik yang masih terdapat pro dan kontra, sehingga berimbas pada munculnya anggapan bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah dan tidak diperkenankan untuk menjadi pemimpin. Namun semakin berkembangnya zaman, realitas budaya telah memperlihatkan semakin banyak perempuan menjadi pemimpin yang hebat dan memiliki intelektualitas serta prestasi yang mengungguli laki-laki. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam mengembangkan sekolah adiwiyata, upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di SD Negeri Bhayangkara Yogayakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan observasi non-participant, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Metode analisis data melalui reduksi data, display data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tipe kepemimpinan Ibu Dewi Partini di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta adalah tipe kepemimpinan feminim dan transformasional. 2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata yaitu menerapkan empat indikator adiwiyata di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta, memberikan teladan dalam pembiasaan peduli lingkungan hidup, serta mengajak wali murid untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan program-program adiwiyata. 3) Faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata, yaitu kompetensi kepala sekolah, xviii dukungan tim manajemen sekolah, SDM sekolah, masyarakat sekitar sekolah, wali murid, dinas lingkungan hidup, dan lahan yang luas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya inisiatif pribadi warga sekolah untuk menerapkan peduli lingkungan, selain itu administrasi adiwiyata yang terlalu idealis sehingga tidak sesuai dengan keadaan di lapangan. 4) Hasil tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata adalah SD Negeri Bhayangkara mendapat penghargaan adiwiyata, pencapaian siswa dalam perilaku peduli dan berbudaya lingkungan, serta sekolah menjadi lebih maju dari pada kepemimpinan kepala sekolah sebelumnya. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Kata kunci: Tipe Kepemimpinan KW - Kepala Sekolah KW - Perempuan dan Sekolah Adiwiyata. M1 - skripsi TI - TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 241 ER -