%S Bunga Rampai %A . Suwadi %T PEMAHAMAN DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI ILMU DALAM PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAK.ULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA %X Berubah atau mati"1, demikian Rhenald Kasali mengingatkan 11t11 a change maker(s) untuk tetap menciptakan perubahan dan kchcranian yang luar biasa. Nabi Isa wafat disalibkan, Martin Luther King, Mohandas (Mahatma) Gandhi, dan Abraham Lincoln mati I rtembak. Dalai Lama hidup di pengasingan. Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Di dunia pendidikan, tokoh-tokoh perubahan juga bisa disimak, antara lain Ki Hajar Dewantara, Moh. Syafei, Mr. Suwandi, Kung Fu Tse, Aristoteles, Cicero, John Loke, Jean Jacques Rouseau, Herbert Spencer, John Dewey2 dan Athiyah al­Abrasyi. Semua tokoh tersebut mengemban misi mewujudkan peristiwa perubahan tingkah laku3 (baca: belajar) bagi peserta didik dan juga pendidik. Pendidik sebagai agent of change memiliki peran yang signifikan dalam menembus batas-batas perkembangan potensi pada peserta didik. Pendidik tidak cukup dengan bermodalkan pengetahuan saja, tetapi juga perlu ditingkatkan pada level pemahaman. Pada level pemahaman ini pendidik bisa dilihat dari indikasi kemampuannya dalam mencirikan, mengasosiasikan, membandingkan, mengubah, menguraikan, membedakan, mendiskusikan, mencontohkan, dan menyimpulkan terhadap suatu obyek.4 Pada dataran realitas, dijumpai beberapa kelemahan pendidik dalam memerankan dirinya sebagai sosok yang menjadi idola peserta didik dalam peristiwa belajar. Asumsinya, pertama, pendidik ( dosen) tidak memiliki cukup pengetahuan ten tang objek formal dan ma­terial dari sebuah materi perkuliahan. Hal ini berdampak pada ketidakmapanan teori yang dikembangkan dan arah pengembangan teori yang akan dibentuk. Oleh karena dosen sebagai penentu arah pengembangan keilmuan, lalu bagaimana dengan nasib mahasiswa sebagai follower creative and inovative. Tentu ini menjadi kegelisahan peneliti. %N - %K Pendidikan Agama Islam %P 1-41 %B PENDIDIKAN ISLAM DALAM WACANA INTEGRASI-INTERKONEKSI %V - %C Yogyakarta %D 2009 %I Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %L digilib38457