eprintid: 38460 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/84/60 datestamp: 2020-09-16 02:49:07 lastmod: 2020-09-16 02:49:14 status_changed: 2020-09-16 02:49:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD ILHAM, NIM: 15410013 title: PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DI SMPN 7 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Karakter, Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Sekolah Ramah Anak note: Dr. Muqowim M.Ag abstract: ABSTRAK MUHAMMAD ILHAM. Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMPN 7 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu unsur yang berpengaruh terhadap proses pembentukan karakter di Sekolah. SMPN 7 Yogyakarta telah menerapkan program Sekolah Ramah Anak (SRA) yang diprakarsai oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang merupakan program memberikan hak-hak anak di sekolah baik itu kenyamanan, keamanan serta kebebasan berekspresi. dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam berperan langsung dalam proses pembentukan karakter melalui program Sekolah Ramah Anak di SMPN 7 Yogyakarta. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dan menganalisis hasil yang dicapai guru PAI dalam membentuk karakter melalui program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMPN 7 Yogyakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Dalam proses pembentukan karakter guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai edukator, leader, uswatun hasanah, motivator serta evaluator guna membentuk karakter siswa di sekolah menjadikan generasi bangsa yang bersikap tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik dan berpribadian muslim. Karakter ini dapat dibentuk melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara berkelanjutan atau model pembiasaan terhadap siswa. Dalam penerapannya SMPN 7 Yogyakarta juga telah menerapkan program Sekolah Ramah Anak yang ditunjuk langsung oleh pemerintah kota Yogyakarta mulai pada tahun 2017. Guru Pendidikan Agama Islam terlibat langsung dalam tim Sekolah Ramah anak, sehingga mampu menjalankan program secara baik melingkupi program pembelajaran, kegiatan kerohaian siswa, pembiasaan karakter positif dalam lingkungan belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Penyediaan fasilitas yang menunjang hak belajar siswa di sekolah, serta pola pendekatan dan penyelesaian masalah secara persuasif, dengan tujuan memberikan ha-hak anak di sekolah baik itu kenyamanan, keamanan serta kebebasan berekspresi. date: 2019-12-20 date_type: published pages: 115 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD ILHAM, NIM: 15410013 (2019) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DI SMPN 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38460/1/15410013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38460/2/15410013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf