@phdthesis{digilib38463, month = {December}, title = {PENERAPAN HUKUMAN BERJENJANG DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 15410031 Anisatul Muhafil}, year = {2019}, note = {Dr. H. Karwadi, M.Ag}, keywords = {Hukuman Berjenjang, Akhlak Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38463/}, abstract = {ABSTRAK Anisatul Muhafil. Penerapan Hukuman Berjenjang Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini berawal dari persoalan dunia pendidikan yang mendapat banyak sorotan terkait dengan banyaknya masalah moral siswa yang tercermin dalam banyak bentuk perilaku. Banyaknya kekerasan, perkelahian, tawuran antar pelajar, penggunaan obat-obatan terlarang, pergaulan dan seks bebas dan berbagai tindakan kriminalitas lainnya yang menyebabkan dunia pendidikan sekarang ini kehilangan jati diri. Masalah yang menjadi fokus peneliti yaitu berbagai pelanggaaran yang dilakukan oleh siswa di SMA Negeri 2 Ngaglik mulai dari keterlambatan siswa datang ke sekolah, bahkan ada yang membolos saat sekolah. Alasannya sangat beragam, bangun kesiangan, motor mogok, lokasi tempat tinggal jauh dan sebagainya. Peraturan tata tertib di sekolah adalah untuk dipatuhi, namun banyak diantara mereka yang melakukan pelanggaran, sehingga diberikan hukuman secara bertahap. Dengan demikian pemberian hukuman secara bertahap dalam proses pendidikan yaitu untuk membina akhlak siswa menjadi lebih baik sesuai dengan norma agama. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampling di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman sebagai sekolah yang menerapkan hukuman berjenjang dengan tujuan membina akhlak siswa melalui beberapa kegiatan keagamaan dalam pembinaan akhlak terpuji pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, adapun pengumpulan datanya menggunakan metode: 1) observasi: proses pelaksanaan hukuman berjenjang, perilaku siswa. 2) wawancara: guru kesiswaan, guru BK, guru PAI, Siswa. 3) dokumentasi: profil sekolah, visi, misi, tujuan sekolah, buku catatan siswa, letak keadaan geografis sekolah, sejarah berdirinya sekolah, keadaan guru, siswa, karyawan sekolah, sarana prasarana sekolah. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk pemeriksaan keabsahan datanya dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan pada: 1) langkah-langkah penerapan hukuman berjenjang di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman yaitu teguran lisan, teguran tulisan, pemangilan siswa, pemanggilan orang tua dan siswa, pemanggilan orang tua, dan dikeluarkan dari sekolah. 2) kontribusi penerapan hukuman berjenjang dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman yaitu siswa lebih bersikap sopan santun terhadap guru, siswa menjadi disiplin.} }