relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38465/
title: BIDANG KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENYUSUN PROGRAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI MERUJUK KKNI DAN SN-DIKTI
creator: Suwadi, .
subject: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
description: Abstrak  Artikel ini membahas bidang kajian pendidikan agama Islam untuk menyusun program  pembelajaran di perguruan tinggi merujuk Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia  (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Program pembelajaran  disusun dengan meperhatikan tiga hal. Pertama, sumber utama keilmuan Pendidikan  Agama Islam (PAI) adalah Al-Qur’an dan al-Sunnah yang dijabarkan dalam aspek Al-  Qur’an-Hadits, Aqidah-Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam baik di sekolah  maupun di madrasah. Kedua, program pembelajaran disusun dengan mendasarkan  pada Capaian Pembelajaran (CP) yang mengacu pada bidang kajian PAI meliputi tiga  unsur yakni (1) unsur keilmuan murni sebagai perspektif kajian pendukung PAI, (2)  unsur keilmuan pendidikan sebagai bidang kajian utama PAI, (3) unsur keilmuan alat  sebagai bidang kajian lainnya dari PAI. Ketiga, setiap unsur keilmuan terintegrasi  dengan bidang kajian keilmuan dan saling terkait dalam mencapai standar
publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
date: 2018-10-18
type: Monograph
type: PeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38465/1/Suwadi%20-%20BIDANG%20KAJIAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20UNTUK%20MENYUSUN%20PROGRAM%20PEMBELAJARAN%20DI%20PERGURUAN%20TINGGI%20MERUJUK%20KKNI%20DAN%20SN-DIKTI.pdf
identifier:   Suwadi, .  (2018) BIDANG KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENYUSUN PROGRAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI MERUJUK KKNI DAN SN-DIKTI.  Project Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.