@phdthesis{digilib38474, month = {August}, title = {EFEKTIFITAS METODE FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAH{\=A}RAT Al-KAL{\=A}M) SISWA KELAS VIII MTs N 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 14420005 Maulana Akbar}, year = {2019}, note = {Drs. Nasiruddin, M.Si}, keywords = {Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Fonetik, Mah{\=a}rat Al-kal{\=a}m}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38474/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode fonetik. (2) Mengetahui pengaruh metode fonetik dalam meningkatkan kemampuan berbicara (Mah{\=a}rat al-kal{\=a}m) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian tes secara lisan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan metode fonetik merupakan cara menyajikan pelajaran bahasa Arab melalui latihanlatihan mendengarkan kemudian diikuti dengan latihanlatihan mengucapkan bunyi huruf lebih dahulu, setelah itu kata-kata pendek dan akhirnya kalimat yang lebih panjang. (2) Ada perbedaan (t = 7,168 dengan nilai Sig. {\ensuremath{<}} 0,01). Artinya kelas eksperimen memiliki perubahan kemampuan berbicara yang signifikan dibanding dengan kelas kontrol. Dari hasil pengukuran pretest dan posttest mah{\=a}rat alkal{\=a}m terdapat peningkatan nilai rata-rata 28,174 yaitu dari nilai rata-rata kemampuan awal sebesar 53,533 meningat menjadi 81,707. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode fonetik mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara (mah{\=a}rat al-kal{\=a}m) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman.} }