%0 Thesis %9 Skripsi %A Maulana Akbar, NIM. 14420005 %B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:38474 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Fonetik, Mahārat Al-kalām %P 237 %T EFEKTIFITAS METODE FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAHĀRAT Al-KALĀM) SISWA KELAS VIII MTs N 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38474/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode fonetik. (2) Mengetahui pengaruh metode fonetik dalam meningkatkan kemampuan berbicara (Mahārat al-kalām) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian tes secara lisan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan metode fonetik merupakan cara menyajikan pelajaran bahasa Arab melalui latihanlatihan mendengarkan kemudian diikuti dengan latihanlatihan mengucapkan bunyi huruf lebih dahulu, setelah itu kata-kata pendek dan akhirnya kalimat yang lebih panjang. (2) Ada perbedaan (t = 7,168 dengan nilai Sig. < 0,01). Artinya kelas eksperimen memiliki perubahan kemampuan berbicara yang signifikan dibanding dengan kelas kontrol. Dari hasil pengukuran pretest dan posttest mahārat alkalām terdapat peningkatan nilai rata-rata 28,174 yaitu dari nilai rata-rata kemampuan awal sebesar 53,533 meningat menjadi 81,707. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode fonetik mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara (mahārat al-kalām) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. %Z Drs. Nasiruddin, M.Si