TY - THES N1 - Drs. Nasiruddin, M.Si ID - digilib38474 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38474/ A1 - Maulana Akbar, NIM. 14420005 Y1 - 2019/08/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode fonetik. (2) Mengetahui pengaruh metode fonetik dalam meningkatkan kemampuan berbicara (Mah?rat al-kal?m) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian tes secara lisan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan metode fonetik merupakan cara menyajikan pelajaran bahasa Arab melalui latihanlatihan mendengarkan kemudian diikuti dengan latihanlatihan mengucapkan bunyi huruf lebih dahulu, setelah itu kata-kata pendek dan akhirnya kalimat yang lebih panjang. (2) Ada perbedaan (t = 7,168 dengan nilai Sig. < 0,01). Artinya kelas eksperimen memiliki perubahan kemampuan berbicara yang signifikan dibanding dengan kelas kontrol. Dari hasil pengukuran pretest dan posttest mah?rat alkal?m terdapat peningkatan nilai rata-rata 28,174 yaitu dari nilai rata-rata kemampuan awal sebesar 53,533 meningat menjadi 81,707. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode fonetik mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara (mah?rat al-kal?m) bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 6 Sleman. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Metode Fonetik KW - Mah?rat Al-kal?m M1 - skripsi TI - EFEKTIFITAS METODE FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (MAH?RAT Al-KAL?M) SISWA KELAS VIII MTs N 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019 AV - restricted EP - 237 ER -