%A 15410108 IZZATIN NIDA %O Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd %T PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI LITERASI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP N 1 YOGYAKARTA SKRIPSI %X ABSTRAK IZZATIN NIDA. Pemanfaatan Media Internet sebagai Literasi Informasi dalam Pembelajaran PAI Kelas IX di SMP N 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan media internet yang digunakan sebagai literasi informasi khususnya dalam pembelajaran PAI dirasa kurang maksimal. Pembelajaran dengan memanfaatkan media internet seharusnya sudah bisa diterapkan untuk literasi informasi PAI di kelas, tetapi masih ada penyalahgunaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media internet sebagai literasi informasi dalam pembelajaran PAI sehingga dapat ditemukan problematika dan hasil yang dicapai setelah memanfaatkan media internet sebagai literasi informasi dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 1 Yogyakarta dengan subjek guru PAI, kepala sekolah, dan beberapa siswa kelas IX. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini diambil setelah melakukan pemilihan data sesuai dengan rumusan masalah dan diuji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini tentang: (1) Pemanfaatan media internet sebagai literasi informasi dalam pembelajaran PAI menunjukkan siswa dan guru mengakses media internet sebagai salah satu sumber belajar yaitu untuk mendapatkan materi tambahan yang relevan selain materi pembelajaran yang bersumber dari buku paket dengan cara browsing atau searching di internet. Pemanfaatan lain yaitu berfungsi sebagai media daring yaitu kegiatan belajar dapat dilakukan dengan cara guru memberikan tugas kepada siswa lalu siswa mencarinya di internet. Siswa lebih sering mengakses internet melalui perangkat HP atau smartphone mereka. (2) Problematika pemanfaatan media internet sebagai literasi informasi dalam pembelajaran PAI antara lain siswa kurang konsentrasi dalam belajar, kurangnya pengawasan dari guru, tidak ada pengawasan dari orangtua di rumah, siswa menggunakan internet untuk keperluan yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran, minimnya minat baca, dan kurangnya kecepatan akses internet yang disediakan (3) Hasil yang dicapai setelah memanfaatkan media internet sebagai literasi informasi dalam pembelajaran PAI antara lain bagi pengembangan kompetensi siswa, dapat menjadikan siswa lebih mandiri dalam belajar, memudahkan dalam pembelajaran, memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak menjadi konkret). Hasil bagi guru antara lain mengembangkan materi pembelajaran, metode pembelajaran menjadi lebih variatif, memperkaya khazanah budaya Islam, menjadikan materi yang abstrak menjadi lebih konkret (visualisasi). %K Media Internet, Literasi Informasi, Pembelajaran PAI %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38479