%S Bunga Rampai %A . Suwadi %T PEMAHAMAN DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI ILMU DALAM PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN AGA MA ISLAM FAK.ULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA %X Berubah atau mati"1, demikian Rhenald Kasali mengingatkan 11t11 a change maker(s) untuk tetap menciptakan perubahan dan kchcranian yang luar biasa. Nabi Isa wafat disalibkan, Martin Luther King, Mohandas (Mahatma) Gandhi, dan Abraham Lincoln mati I rtembak. Dalai Lama hidup di pengasingan. Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Di dunia pendidikan, tokoh-tokoh perubahan juga bisa disimak, antara lain Ki Hajar Dewantara, Moh. Syafei, Mr. Suwandi, Kung Fu Tse, Aristoteles, Cicero, John Loke, Jean Jacques Rouseau, Herbert Spencer, John Dewey2 dan Athiyah al­Abrasyi. Semua tokoh tersebut mengemban misi mewujudkan peristiwa perubahan tingkah laku3 (baca: belajar) bagi peserta didik dan juga pendidik. %N - %K Berubah atau mati %P 1-41 %B PENDIDIKAN ISLAM OALAM WACANA INTEGRASI-INTERKONEKSI %V - %C Yogyakarta %D 2009 %I Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %L digilib38481