@phdthesis{digilib38488, month = {December}, title = {PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {15410166 Nurul Marfu?ah}, year = {2019}, note = {Munawwar Khalil, SS, M.Ag.,}, keywords = {Pendidikan Akhlak, Sekolah Ramah Anak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38488/}, abstract = {ABSTRAK NURUL MARFU?AH. Pendidikan Akhlak Siswa Melalui Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Program Sekolah Ramah Anak selain menjamin hak anak juga memberikan perlindungan bagi anak agar terhindar tindak kekerasan, baik kekerasan yang bersifat fisik maupun kekerasan psikis, hal itu tidak akan terjadi apabila siswa mempunyai akhlak yang baik. Akan tetapi dalam pembiasaan sehari-hari guna menunjang pendidikan akhlak siswa, masih ada permasalahan atau kurang maksimal dalam menerapkannya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian yang mengkaji hal tersebut dengan tujuan mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak siswa melalui program sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa dengan obyek penelitian meliputi pendidikan akhlak siswa dan program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 3 Kalasan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan dara, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak SMP Negeri 3 Kalasan yaitu dalam menjamin dan memenuhi hakhak anak serta perlindungan anak didasarkan pada prinsip-prinsip Sekolah Ramah Anak antara lain: a) Nondiskriminasi, yaitu menjamin dan menikmati hak anak untuk pendidikan tanpa diskriminasi. b) Kepentingan terbaik bagi anak dalam semua keputusan dan tindakan dengan diizinkannya peserta didik dalam menyampaikan ide/gagasan kepada pihak sekolah selama masih dalam lingkup pendidikan, tata tertib, etika yang berlaku. c) Hak hidup, hak kelangsungan hidup, dan perkembangan berupa tersedianya ruang UKS, tempat cuci tangan, tempat sampah dan kantin sehat. d) Menghormati hak anak untuk mengekspresikan pandangan dalam segala hal di lingkungan sekolah. e) Pengelolaan yang baik dalam aspek partisipasi dan keterbukaan informasi. Selanjutnya yaitu 2) pendidikan Akhlak siswa antara lain: a) Pola hubungan manusia dengan Allah SWT, yaitu dengan bertakwa kepada-Nya (menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya), antara lain dengan membiasakan sholat berjama?ah dan berdzikir/berdo?a setelah selesai sholat. b) Pola hubungan manusia dengan sesama manusia, yaitu dengan saling tolong menolong, menjaga solidaritas umat serta lomba infaq yang nantinya hasil dari infaq tersebut bisa didonasikan bagi yang membutuhkan. c) Pola hubngan manusia denganalam semesta, yaitu dengan diadakannya jum?at bersih serta pengelolaan green house.} }