TY - THES N1 - Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag ID - digilib38496 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38496/ A1 - Ahmad Amirul Wildan, 15410193 Y1 - 2019/12/20/ N2 - ABSTRAK Ahmad Amirul Wildan. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-?ikam dan Relevansinya dengan Era Pendidikan 4.0. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah salah satu tujuan pendidikan nasional adalah membentuk akhlak yang mulia. Sehingga menjadi sangat penting adanya pendidikan akhlak untuk mewujudkan masyarakat yang mempunyai akhlak mulia. Salah satu kitab zaman dahulu yang masih dikaji hingga sekarang dan dianggap masih relevan dengan segala zaman adalah kitab Al-?ikam. Kitab ini sudah dikaji oleh beberapa pihak, tetapi pengkajian yang ada masih ada celah, yaitu belum ada yang menjelaskan bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada di dalamnya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehar-hari dan masih sesuai dengan era baru yaitu era revolusi industri 4.0. Era ini oleh para ahli pendidikan dinamai dengan era pendidikan 4.0, dimana era ini berbeda dengan era-era sebelumnya. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk menggali kitab Al-?ikam karya Ibnu ?Athaillah As-Sakandari yang di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang masih dianggap relevan untuk dipraktekkan di era 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-?ikam dan mengetahui relevansinya dengan era pendidikan 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research) dengan menggunakan pendekatan filosofis. Pendekatan ini berfokus pada bahasa, interprstasi, struktur dan makna. Sumber primer penelitian ini adalah kitab Al-?ikam. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam kitab Al-?ikam karya Ibnu ?Atha?illah As-Sakandari terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, Akhlak terhadap Allah meliputi nilai tawakkal, ikhla?, syukur, qana?ah dan zuhud. Kedua, akhlak terhadap manusia meliputi nilai tawa??u?, menghargai waktu dan umur, memilih teman sepergaulan, bekerja keras, dan introspeksi diri. Ketiga, akhlak terhadap lingkungan meliputi nilai tadabbur ?alam (memperhatikan alam sekitar). (2) Secara keseluruhan nilai-nilai pendidikan akhlak berkaitan dengan era pendidikan 4.0 yang berfokus kepada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai-nilai pendidikan akhlak tersebut merupakan cerminan dari butir nilai yang terdapat dalam program PPK. Nilai tawakkal, ikhla?, syukur, qana?ah dan zuhud berkaitan dengan nilai religius. Nilai tawa??u? berkaitan dengan nilai cinta damai. Nilai menghargai waktu dan umur berkaitan dengan nilai disiplin dan bertanggung jawab. Nilai memilih teman sepergaulan berkaitan dengan nilai komunikatif. Nilai bekerja keras berkaitan dengan nilai bekerja keras dan mandiri. Nilai introspeksi diri berkaitan dengan nilai kreatif. Nilai tadabbur ?alam berkaitan dengan nilai peduli lingkunga PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Pendidikan Akhlak KW - Al-?ikam KW - Era Pendidikan 4.0. M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-?IKAM DAN RELEVANSINYA DENGAN ERA PENDIDIKAN 4.0 AV - restricted EP - 134 ER -