%A 16410080 Ratna Dwi Astuti %O Dr. Hj. Marhumah, M.Pd., %T RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAẒĀIF AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DENGAN ASPEK JIWA PADA PSIKOLOGI ISLAM %X ABSTRAK RATNA DWI ASTUTI. Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Waẓāif al-Muta’allim Dengan Aspek Jiwa Pada Psikologi Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah bahwa seharusnya pendidikan dapat membentuk kepribadian dan akhlak yang mulia pada peserta didik. Namun pada kenyataannya dalam dunia pendidikan justru menunjukkan semakin berkembangnya berbagai bentuk perilaku yang tidak sesuai bahkan kontradiktif dengan nilai-nilai moralitas. Untuk itu, pemikiran dan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab karya para ulama tradisional kiranya dapat dikaji ulang dan disertakan atau dimasukkan dalam kurikulum pendidikan saat ini dengan muatan upaya sungguh-sungguh menanamkan nilai- nilai pendidikan akhlak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terhadap nilai-nilai pendidikan akhlak yang diuraikan dalam kitab Waẓāif al-Muta’allim karya KH. Zainal Abidin Munawwir dalam rangka merumuskan nilai pendidikan akhlak yang ideal, serta mengetahui apakah nilai-nilai tersebut relevan dengan aspek jiwa pada psikologi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis), karena jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan sehingga dapat dengan mudah menganalisis dengan mengkaitkan antara isi teks dengan relevansi konteks, khusunya dengan aspek jiwa pada psikologi Islam. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai- nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waẓāif al-Muta’allim terangkum dalam dua puluh delapan pasal yang dikemas dengan sistematis. Diantara materi satu dengan lainnya terdapat keserasian sebagai langkah dalam mencapai kompetensi pendidikan akhlak dengan cara penanaman nilai-nilai terhadap peserta didik maupun pendidik. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waẓāif al-Muta’allim ini sangat relevan dengan aspek jiwa pada psikologi Islam, karena materi yang ada di dalam kitab tersebut dapat dijadikan referensi atau rujukan dalam pembelajaran pendidikan Islam yang sesuai dengan kondisi kejiwaan peserta didik maupun pendidik, yang mana penanaman nilai pendidikan akhlak ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. %K nilai-nilai pendidikan akhlak, Waẓāif al-Muta’allim, aspek jiwa psikologi Islam %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38501