eprintid: 38502 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/85/02 datestamp: 2020-09-21 00:37:41 lastmod: 2020-09-21 00:37:57 status_changed: 2020-09-21 00:37:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD NABILUL FATIH, 14420020 title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: B subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Pembelajaran Bahasa Arab. note: Nurul Huda, S.S, M.Pd.I, abstract: ABSTRAK Ahmad Nabilul Fatih (14420020), "Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di MA Ali Maksum Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui motivasi dan prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta. (2) Mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Objek penelitiannya adalah kelas X IPA A (kelas eksperimen) dan X IPS A (kelas kontrol). Hasil analis menunjukkan bahwa: (1) Para siswa memiliki motivasi dan prestasi belajar yang baik dengan mayoritas siswa yang menyukai model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament yang diterapkan oleh guru. (2) Motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 meningkat dengan adanya penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T. Hasil menunjukkan bahwa para siswa di kelas eksperimen semakin meningkat motivasi dan prestasi belajarnya dengan rata-rata nilai gain sebesar 295. Sedangkan para siswa di kelas kontrol mempunyai nilai motivasi dan prestasi belajar bahasa Arab yang menurun dengan rata-rata gain sebesar 190. yang menghasilkan nilai signifikansi 105 yang berarti terdapat perbedaan yang sedikit signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan treatment berupa model pembelajaran cooperative lerning tipe teams games tournament dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen di dalam pembelajaran bahasa Arab lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament. date: 2019-12-12 date_type: published pages: 196 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AHMAD NABILUL FATIH, 14420020 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38502/1/14420020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38502/2/14420020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf