%0 Thesis %9 Skripsi %A ASNA MUSLIKAH FATMAWATI, 14420075 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:38504 %I UIN Sunan Kalijaga %K team teaching, pendidikan bahasa arab, mahārah al qirā’ah %P 220 %T TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL QIRĀ’AH KELAS V DI MI AL MANAR SAMBIREJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38504/ %X ABSTRAK Asna Muslikah Fatmawati. Team teaching dalam pembelajaran Mahārah al qirā’ah Kelas V di MI Al-Manar Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan proses penerapan team teaching dalam pembelajaran mahārah al qirā’ah, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan team teaching dalam pembelajaran mahārah al qirā’ah kelas V di MI Al-Manar Sambirejo Sragen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa team teaching dalam pembelajaran mahārah al qirā’ah kelas V MI Al Manar Sambirejo Sragen terdapat kekurangan dan kelebihan dalam pelaksanaanya. Kelebihan team teaching dalam pembelajaran mahārah al qirā’ah adalah sebagai berikut: (1) Peserta didik terorganisir dengan baik, (2) Memudahkan peserta didik dalam membaca bahasa Arab, (3) Cara penyampaian team teaching yang menarik mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik, (4) membangkitkan rasa percaya diri peserta didik ketika dituntut untuk membaca didepan umum, (5) Pendekatan individual team terhadap peserta didik membuat rasa aman dalam proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Kekurangan team teaching dalam pembelajaran mahārah al qirā’ah adalah sebagai berikut: (1) Membutuhkan waktu yang lebih lama dari metode yang biasanya,(2) Ketika anggota team tidak bekerja sama dengan baik, maka team teaching tersebut tidak dapat berintegrasi,(3) Kurangnya kerja sama team dalam membangun motivasi belajar peserta didik terhadap bahasa Arab mempengaruhi peminatan peserta didik terhadap bahasa Arab,(4) Ketika anggota team tidak dapat memusatkan perhatian kepada pemateri, maka perhatian peserta didik tidak fokus terhadap mata pelajaran yang sedang diikuti. %Z Maksudin