@phdthesis{digilib38508, month = {December}, title = {PERAN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAH?RAH AL- KAL{\=A}M BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2018/2019}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {15420019 NADZIROH}, year = {2019}, note = {Drs. H. Syamsuddin., M.M.}, keywords = {Peran, Lembaga Pengembangan Bahasa Asing, Kemampuan Maharah Kal{\=a}m}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38508/}, abstract = {ABSTRAK Nadziroh, 15420019, ?Peran Lembaga Pengembangan Bahasa Asing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Maharah Kal{\=a}m Bahasa Arab Santri Nurul Jadid Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019?. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana LPBA berperan dalam meningkatkan kemampuan maharah kal{\=a}m (berbicara) Bahasa Arab santri sehingga dapat berkomunikasi menggunakan bahasa arab dengan baik dan lancar. Di sisi lain, yang hendak diteliti juga adalah bagaimana proses pembelajaran LPBA dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam Bahasa Arab santri. Dua hal tersebut dipandang penting untuk ditelusuri mengingat bahwa Nurul Jadid bukanlah pesantren yang berfokus pada pengembangan bahasa asing, namun nyatanya masih ada santri yang dapat menguasai kemampuan berbicara Bahasa Arab bahkan sampai menjuarai even-even semacam depat, taqdimul qissah, dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang lembaga pengembangan bahasa asing pondok pesantren Nurul Jadid Probolinggo. Data-data yang peneliti peroleh akan dijelaskan dan dijabarkan secara deskriptif. Dan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LPBA Nurul Jadid memiliki peran sebagai akses pembelajaran peserta didik dalam mendapatkan kemampuan/ilmu yang dapat menjadikan modal kedepannya serta sebagai fasilitator pesertadidik dalam memperdalam kemampuan khususnya pada maharah kalam bahasa Arab santri. (2) kemudian Lembaga Pengebangan Bahasa Asing dalam melaksanakan proses pembelajaran khususnya pada maharah kalam ini tetap berkaitan dengan empat kemahiran diantaranya istima?, qiraah, kitabah dan kalam itu sendiri. Untuk menunjang keberhasilan proses tersebut diadakanlah kegiatan ektrakulikuler (kegiatan qissoh, mujadalah, muhawaroh, munaqosyah, terjemah, dan kitah) demi menanamkan keyakikan tersebut, LPBA Nurul Jadid mencanangkan 5 titik tumpu di dalam pembelajarannya, diantaranya (a) kata bunyi, (b) struktur kalimat, (c) kosa kata, (d) kelancaran, (e) dan pemahaman, untuk mewujudkan lingkungan bahasa yang kondusif.} }