@phdthesis{digilib38509, month = {December}, title = {IMPLEMENTASI METODE MAKE AND MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {15420025 SAMSIAH}, year = {2019}, note = {Nurul Huda, S.S., M.Pd.I,}, keywords = {Minat Belajar, Pembelajaran Mufradat, Metode Make and Match}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38509/}, abstract = {ABSTRAK Samsiah (15420025), Implementasi Metode Make and Match dalam Pembelajaran Mufradat Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII B MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII B setelah diterapkan metode make and match dan memberikan pembelajaran dengan metode yang berbeda dalam pembelajaran mufradat kemudian nilai hasil tes yang diperoleh siswa dapat mengukur berhasil atau tidak metode yang diterapkan tersebut. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field reseach) dengan jenis penelitian kualitatif yakni menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentansi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) metode make and match dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII B, (2) berdasarkan penyebaran angket 60,1 \% siswa setuju bahwa pembelajaran mufradat bahasa Arab dengan metode make and match menyenangkan. (3) hasil tes siswa menunjukkan kenaikan nilai 80 \% dari nilai awal yang hanya 28 \%.} }