eprintid: 38515 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/85/15 datestamp: 2020-09-21 01:18:35 lastmod: 2020-09-21 01:18:48 status_changed: 2020-09-21 01:18:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ana Rokhimatun Khabibah, 15420077 title: ANALISIS MAKNA H}ARF AL-JAR DALAM ALQURAN SUrah al-Kahf, Metode Pembelajaran note: Drs. Adzfar Ammar, MA., abstract: ABSTRAK Ana Rokhimatun Khabibah.15420077. Analisis Makna H}arf al-Jar dalam Alquran su>rah al-Kahf dan Metode Pembelajarannya. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian: H{arf al-Jar sebagai salah satu komponen terkecil dalam bahasa Arab sampai sekarang masih menjadi problem yang krusial, karena banyak makna yang terkandung di dalamnya. Hal ini jika tidak ditangani secara komperehensif akan berpotensi terjadinya salah paham terhadap makna kandungan kalimat atau konotasi ayat suci. Jika hal itu sampai terjadi bukan tidak mungkin kurangnya pemahaman yang tepat terhadap h{arf al-jar akan menyesatkan umat, khususnya mereka yang kurang menguasai bahasa Arab. Pemahaman akan menyesatkan jika pemaknaan tidak sesuai atau bertolak belakang dengan makna yang dimaksud. Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui makna yang terkandung dalam h{arf al-Jar su>rah al-Kahf. (2)Mengetahui bagaimana tahap-tahap metode Induktif dalam pembelajaran h{arf al-Jar. Objek penelitian ini adalah huruf jar yang terdapat dalam su>rah al-Kahf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian library research. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data bersifat Induktif yakni menganalisis data yang telah diperoleh kemudian dikembangkan menjadi pola hubungan tertentu atau hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Macam-macam h{arf al-Jar yang terdapat dalam su>rah al-Kahf ada 8 macam yang jika dijumlah ada sebanyak 249 yang terdiri dari 58 Lam, 30 'Ala, 63 Min, 31 Fii, 40 Ba’, 9 Ila, 12 ‘An dan 6 Kaf. Masing-masing memiliki faedah, diantaranya huruf jar Lam yang memiliki faedah Li al-Tauki>d, Li Tab’id, Li al-Z}arfiyyah, dan Li al-Muja>wazah.(2) Penerapan Metode pembelajaran Induktif sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk memahami macam-macam h{arf al-Jar dan setiap faedah yang terkandung di dalamnya. date: 2019-12-20 date_type: published pages: 205 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ana Rokhimatun Khabibah, 15420077 (2019) ANALISIS MAKNA H}ARF AL-JAR DALAM ALQURAN SU