@phdthesis{digilib38518, month = {December}, title = {EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PERMAINAN DOMIKARA (DOMINO KOSAKATA BAHASA ARAB) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRAD{\=A}T SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {15420097 Diana Fathul Izzah}, year = {2019}, note = {Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.,}, keywords = {Pembelajaran Kooperatif, Permainan Domikara, Penguasaan Mufrad{\=a}t.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38518/}, abstract = {ABSTRAK Diana Fathul Izzah (15420097). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Permainan Domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab) Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrad{\=a}t Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman T.A. 2019/2020. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan model dan metode dalam pembelajaran mufrad{\=a}t. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan pembelajaran berbasis permainan domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab) sebagai sebuah inovasi pemanfaatan metode belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran mufrad{\=a}t dengan menggunakan permainan domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab), (2) Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran ini terhadap penguasaan mufrad{\=a}t. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif berbasis permainan domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab) ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan dan pemahaman siswa pada pembelajaran mufrad{\=a}t. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control grup design, obyek yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test melalui SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kooperatif berbasis permainan domikara di kelas VIII A dimulai dengan guru memberikan mufrad{\=a}t, kemudian guru membaca dan siswa menirukan, lalu guru menghapus mufrad{\=a}t tersebut dan dilanjutkan dengan penerapan permainan domikara (domino kosakata bahasa Arab); (2) Berdasarkan data nilai posttest, kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan dalam penguasaan mufrad{\=a}t. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai signifikasi pada uji independent sample t-test yaitu 0,000 yang berarti 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Selain itu juga dilihat dari rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 61,764 mengalami kenaikan sebesar 91,911 sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol yaitu sebesar 60,588 dan mengalami kenaikan sebesar 82,647. Dilihat dari nilai posttest kedua kelompok di atas, dapat diketahui bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama mengalami peningkatan yang cukup signifikan.} }