eprintid: 38523 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/85/23 datestamp: 2020-09-29 03:12:33 lastmod: 2020-09-29 03:12:45 status_changed: 2020-09-29 03:12:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rika Indriyani, 15430043 title: PERAN IBU BEKERJA DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK A3 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Peran orang tua, Kemandirian anak note: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M., abstract: ABSTRAK RIKA INDRIYANI, (Peran Orangtua Yang Bekerja Dalam Pembentukan Kemandirian Di Kelompok A3 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta) Skripsi, Yogyakarta: Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap peran orang tua yang bekerja dalam pembentukan kemandirian anak usia dini di kelompok A3 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Karena pada saat ini banyak orang tua (ibu) yang bekerja untuk membantu suaminya sedangkan ia juga harus mengurus anak-anaknya. Maka dari itu, peneliti tertarik akan peran orang tua dalam pembentukan kemandirian anak. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua yang bekerja dalam pembentukan kemandirian anak usia dini dan untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak usia dini di kelompok A3 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu Ibu Umi Badriyah, S.Ag selaku kepala sekolah TK Nurul Ummah Kotagede, Ibu Mahla Salsabila, S.Pd selaku guru kelas A3, Ibu Yuliana, Yulianti Agus Utami Ibu Suramiyanti Ibu selaku orang tua anak. Objek penelitian ini adalah peran orang tua yang bekerja dalam pembentukan kemandirian anak usia dini dan perkembangan kemandirian anak usia dini di TK Nurul Ummah Kotagede. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemandirian anak usia dini di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta bahwa pada kenyataannya sudah semakin meningkat dan lebih lebih baik. Hal ini ditunjukkan dengan sikap anak yang sudah mengerti akan kewajibannya, seperti 1) anak tidak menangis saat ditinggal oleh orangtua, 2) dapat memakai, melepas, serta meletakkan sepatu pada tempatnya, 3) dapat meletakkan tas pada kursinya, 4) tidak ditemani orangtua saat bersekolah, 5) dapat memilih kegiatan yang ingin dikerjakan, 6) dapat membereskan barang yang telah digunakan dan mengembalikan pada tempatnya, 7) dapat makan sendiri, 8) dapat membuang sampah pada tempatnya, 9) dapat memakai, melepas serta melipat baju dan celana, 10) dapat menata dan merapikan kursi setelah selesai pembelajaran. Kemudian hasil penelitian mengenai peran orang tua yang bekerja dalam pembentukan kemandirian anak usia dini yang meliputi orang tua sebagai pendidik dan pengajar, orang tua sebagai pembimbing, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai pelindung dan orang tua sebagai sumber kebahagiaan bagi anak. date: 2019-11-29 date_type: published pages: 162 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rika Indriyani, 15430043 (2019) PERAN IBU BEKERJA DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK A3 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38523/1/15430043%20BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38523/2/15430043%20BAB%20II%2C%20III.pdf