@phdthesis{digilib38525, month = {December}, title = {PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS SENAM IRAMA DI KELOMPOK A2 PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {15430054 LATIFAH NUR FITRIANA}, year = {2019}, note = {Dr. Hj. Hibana, S.Ag, M.Pd}, keywords = {pengembangan, sosial-emosional, senam irama}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38525/}, abstract = {ABSTRAK LATIFAH NUR FITRIANA. Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Melalui Aktivitas Senam Irama di Kelompok A2 PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islm Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Senam irama merupakan salah satu kegiatan penting yang mampu meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini, salah satu aspek yang mampu untuk dikembangkan adalah aspek sosial emosional anak karena kegiatan ini berkaitan dengan lingkungan sekolah dan kegiatan anak secara bersama-sama. Tujuan penelitian senam irama ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar anak dapat mengontrol sosial emosional mereka di lingkungannya. Terkait dengan perkembangan sosial emosion anak usia dini di kelompok A2 yang berusia 4-5 tahun. Penelitian ini memiliki subjek sebanyak 15 peserta didik yang terdiri dari 8 perempuan dan 7 laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data penelitian kualitatif deskriptif, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan triangulasi peneliti, metode, teori dan sumber data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan aspek sosial emosional anak melalui aktivitas senam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: melalui senam irama yang dilakukan secara rutin yang diterapkan di PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta secara lebih rinci, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan sosoal-emosional yang dialami oleh anak. Proses peneitian terlebih dahulu direncanakan, baik rencana untuk penilaian maupun alat yang digunakan dalam penilaian. Senam irama sebagai media penilaian sosial-emosional menggunakan teknik observasi dan ceklist dari ujuk kerja kegiatan peserta didik. Kelebihan dari senam irama ini adalah dilakukan secara rutin sehingga pendidik dapat menilai dengan rinci serta dapat mendeteksi perlembangan fisik peserta didik dan membuat peserta didik rileks dan menyenagkan.} }